·

PUSPENERBAD PERINGATI TAHUN BARU ISLAM 1445 H/ 2023 M DAN SANTUNI ANAK YATIM

 

 

Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayor Jenderal TNI Toto Nugroho, S.I.P., M.Si., memimpin acara peringatan tahun baru islam 1445 H/2023 M dan pemberian santunan anak yatim bersama seluruh prajurit dan PNS Mapuspenerbad dengan mengundang pencerahmah hebat Ustad Khoirmawan Alayyubi di masjid Darul Muttaqin Puspenerbad, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. Kamis (27/7/2023)

Peringatan tahun baru hijriah atau tahun baru islam, pada hakikatnya adalah momen untuk memperingati suatu perpindahan atau perubahan besar, yaitu perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah yang saat itu sudah sangat tidak kondusif untuk berdakwah menuju Madinah, yaitu kota dimana penduduknya sebagian besar sudah beriman dan telah lama mengidam-idamkan kedatangan Rasulullah SAW. Momentum perpindahan atau hijrah tersebut sangat penting, karena menandai arah perubahan dakwah nabi yang semula berkutat tentang menegakkan kalimat Tauhid, menjadi berfokus pada bagaimana membangun negara dan masyarakat sebagai wujud keluhuran budaya islam dan kemuliaan ajaran islam.

Danpuspenerbad dalam sambutannya menyampaikan, momen Tahun Baru Hijrah ini sudah sepatutnya menjadi momen istimewa bagi seluruh umat Islam, khususnya para Prajurit dan PNS Puspenerbad untuk bernapak tilas atau mengingat kembali hakikat dari peristiwa hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW. Momentum ini adalah kesempatan yang sangat tepat untuk melakukan Muhasabah/ Introspeksi diri tentang sejauh mana perjalanan pengabdian selaku hamba Allah SWT yang mengabdi bagi bangsa dan negara, serta apa saja perubahan dan kontribusi yang telah kita perbuat untuk kemajuan bangsa, negara dan masyarakat. Hal ini selaras dengan pemaknaan Hijrah yang hakiki yaitu berupaya meninggalkan hal-hal negatif, perilaku mental dan gaya hidup yang merusak, menuju kepada perubahan akhlak serta mental yang positif, termasuk peningkatan kinerja sebagai wujud loyalitas dan profesionalisme keprajuritan.

 

 

Selanjutnya Danpuspenerbad mengatakan, sejalan dengan tema tahun baru islam tahun ini “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 H / 2023 M Kita Tingkatkan Takwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan”.

“Melalui tema tersebut, saya ingin mengajak kita semua untuk memanfaatkan momen yang baik ini, maupun setiap kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita untuk berhijrah menuju perubahan yang lebih baik lagi, yaitu sikap dan perilaku yang lebih terpuji, ibadah yang lebih rajin dan lebih khusyuk, amal sosial yang lebih banyak, serta motivasi untuk berkarya yang terbaik. Bila semua itu kita laksanakan dengan konsekuen, saya yakin seluruh prajurit dan PNS Puspenerbad akan menjadi teladan di lingkungan sekitar kita, sehingga masyarakat kita menjadi lebih maju dan meningkat“. Tegas Danpuspenerbad.

Ketua DKM Darul Muttaqin Puspenerbad Letkol Cpn Yosi Iskandar mengatakan acara peringan tahun baru islam 1445 H/2023 M tahun ini dilaksanakan dengan penyampaian tausiah Islami dan santunan anak yatim. Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dilaksanakan sholat dzuhur berjamaah bersama para anak yatim dan seluruh prajurit dan PNS Puspenerbad. Adapun rangkaian acaranya yaitu pembukaan, sambutan dari Danpuspenerbad, pemberian tausiah atau ceramah agama islam oleh Ustad Khoirmawan Alayyubi Pimpinan Majlis Taklim Annidzomiyyah Bogor, dilanjutkan doa bersama, kemudian pemberian bingkisan dan santunan anak yatim oleh Danpuspenerbad serta PJU Puspenerbad lainnya dan terakhir foto bersama. (Pen Puspenerbad)