·

PESAWAT CANGGIH TNI AD HELIKOPTER APACHE AH-64E DITERBANGKAN JENDERAL BINTANG DUA

 

PESAWAT CANGGIH TNI AD HELIKOPTER APACHE AH-64E DITERBANGKAN JENDERAL BINTANG DUA

Tangsel. Komandan Pusat Penerbangan TNI AD (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Toto Nugroho, S.I.P.,M.Si, menerbangkan Helikoper Apache AH-64E Noreg HS-7215 dengan didampingi oleh Instruktur Pilot (IP) Mayor Cpn Kriyanto dalam acara penyematan kehormatan Wing Penerbang TNI AD. Wing tersebut disematkan oleh Direktur Umum (Dirum) Puspenerbad Brigjen TNI A.A. Ngr. Romy Satryadi sesaat setelah selesai Danpsupenerbad menerbangkan pesawat canggih TNI AD Helikoper Apache AH-64E di Apron Apache Skadron-11/Serbu Puspenerbad Semarang, Jawa Tengah.(12/07/2023).

Danpuspenerbad sebelum menerima kehormatan Wing Penerbang TNI AD, terlebih dahulu di bekali ilmu-ilmu penerbang, bertempat di Gedung Simulator Heli Apache Pusdikpenerbad, rangkaian Wingday Danpuspenerbad diawali dengan pelaksanaan kegiatan ground school dengan materi pelajaran diantaranya dasar-dasar penerbangan, pengenalan flight control Helikopter AH-64E Apache dan emergency procedure yang dilanjutkan dengan pengenalan Alkapsus penerbang serta fitting helmet dan vest yang akan digunakan oleh Danpuspenerbad saat terbang. Setelah materi ground school selesai, dilanjutkan menuju cockpit simulator Helikoper AH 64E Apache, di tempat ini Danpuspenerbad dapat merasakan terbang simulator Helikoper Apache.

Setelah pembekalan cockpit simulator selesai berikutnya flight orientation Danpuspenerbad yang di awali dengan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Dokter Penerbangan dan dilanjutkan dengan Briefing Pra Terbang oleh IP di ruang VIP Skadron-11/Serbu.

Dalam kegiatan Briefing pra terbang tersebut, turut disaksikan oleh para penerbang pelatih Puspenerbad yaitu Brigjen TNI A.A Ngr. Romy Satryadi (Dirum), Kolonel Cpn Zulfirman Caniago (Dirbinopslat), Kolonel Cpn Taufik Asyikin, M.Mgt., Stud. (Dirslambangja) dan juga para Dansat Penerbad terdiri dari Kolonel Cpn Hartopo Tri Utomo, S.E. (Danpusdikpenerbad), Kolonel Cpn Jimmy Sirait (Kabeng Puspenerbad), Kolonel Cpn Ihwan Okti Riyadi, S.I.P., M.I.P. (Danlanumad A. Yani), Letkol Cpn Hadi Ismanto (Dandron-11/Serbu), Letkol Cpn Sulistyo Yulianto, S. E. (Dandron-12/Serbu), Letkol Cpn Yusuf Adi Paruhita (Dandron-13/Serbu), Letkol Cpn Rony Nuswantoro Hadi, S.E. (Dandron-31/Serbu), Letkol Cpn Mohammad Roffi Siswanto, S.I.P. (Dandron-21/Sena) dan Letkol Cpn Kandek Pratikno (Danlanudad Gatot Soebroto).

Pada tahapan selanjutnya Danpuspenerbad di dampingi oleh IP melaksanakan Pre Flight Check berjalan di sekeliling helikoper kemudian naik cockpit dan start APU dan Engine serta dilanjutkan penerbangan menggunakan Helikoper Apache AH-64 E menuju ke South Area dan East Area selama kurang lebih 30 menit.

Setelah helikoper Apache AH-64 E Noreg HS-7215 landing dilanjutkan dengan tradisi water soulute oleh kendaraan PKP-PK Lanumad A. Yani yang menandakan bahwa Danpuspenerbad sudah hand on control di platform Helikopter Serang andalan TNI AD. Turun dari helikopter Apache, Danpuspenerbad dengan penuh suka cita disambut oleh Ketua Persit KCK Cabang XXV PG. Mabesad Ny. Wulan Toto Nugroho dengan pengalungan bunga.

” Saya bangga dengan kalian dan saya bangga kepada Prajurit Wira Amur dan mari kita jaga kehormatan, kebesaran dan nama besar Korps Penerbangan Angkatan Darat yang kita cintai dan kita banggakan, Wira Amur.. ” tegas Danpuspenerbad menutup perhatiannya. (Pen Puspenerbad)