·

HELIKOPTER PENERBAD IKUT MERIAHKAN HUT TNI KE-78 TAHUN 2O23

 

HELIKOPTER PENERBAD IKUT MERIAHKAN HUT TNI KE-78 TAHUN 2O23

Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Puspenerbad) melaksanakan gladi bersih flypass pada kelompok “Army Flight” dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 TNI. Latihan flypass dilaksanakan selama 5 hari dengan Daerah persiapan (DP) dari take off dan landingnya bertempat di landasan udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (3/10/2023).

Pada latihan flypass kali ini melibatkan 19 Helikopter canggih milik Penerbad yang terdiri dari 4 Helikopter AH-64E Apache, 2 helikopter MI 17 V5,2 Helikopter AS550 Fennec, 2 helikopter Bolkow 105, 9 Bell-412 dan 2 Pesawat Fix wing Casa 212-200.

Perlu diketahui bahwa karakter para pilot beserta crew penerbad yang memiliki ketangguhan dan militansi inilah yang membedakan dengan prajurit lainnya. Latihan latihan berat yang penuh resiko dan tantangan telah menempa prajurit penerbad yang terbiasa cermat dan waspada dalam merencanakan setiap misi tugas yang diembannya sehingga terhindar dari resiko ancaman akibat kelalaian.

Dalam setiap misi penerbangan, pilot beserta crew harus mempersiapkan dan merencanakan secara matang serta mendiskusikannya dengan cermat dan teliti mengenai kesiapan pesawat, route penerbangan, cuaca, medan dan check point serta kemungkinan hambatan dan langkah tindakan yang akan diambil.

Pelaksanaan latihan flypass telah direncanakan dengan matang dan dikomunikasikan dengan penerbang dari satuan lainnya. Sehingga pada hari H pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan sukses. (Pen Puspenerbad).